Friday, October 9, 2015

Karung Goni Dan Peruntukannya

 
karung goni
Karung goni dalam masa lalu indentik penggunaanya sebagai kemasan untuk hasil panen pertanian dan perkebunan. Selain itu sering di singgung untuk alat pelengkap memadamkan api. Tapi sekarang kegunaannya berkembang sedemikian luas sehingga citra yang melekat pada karung goni makin berkembang positif seiring perkembangannya.

Pada industri meubeul terutama rotan, karung goni di gunakan sebagai bahan pelengkap. Sedangkan di dunia industri berat karung goni di gunakan untul berbagai keperluan. Namun sekarang ini berkembang pesat pada penggunaannya di dunia fashion dengan lahirnya banyak produk tas karung goni yang di kembangkan dengan berbagai corak dan bentuk. Keindahan sebuah produk sangat tergantung dari kreatornya, dan disinilah kunci keberhasilan dalam produksi tas karung goni. Tas goni kini di rancang dengan di beri pelengkap material lain, mulai dari batik, bahan kanvas sampai ke bahan-bahan natural lain yang bercita rasa alami.

Dengan berkembangnya dunia kreatif, ternyata karung goni juga sekarang merambah ke dunia seni. Bisa di hadirkan pada dekorasi-dekorasi ruangan dan sebagai bahan pajangan yang artistik. Mungkin inilah saatnya karung goni menampilkan citra positifnya yang selama ini terabaikan. Di gandrungi orang mungkin karena salah satu aspeknya adalah karena bahan ini sangat alami, karena di buat dari serat rosela dan di proses tanpa menggunakan bahan-bahan kimia.

Moga-moga kedepan citra karung goni semakin positif dan memberikan peran lebih berarti untuk pengembangan industri-industri berbasiskan UKM supaya dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak dengan modal yang tidak besar. Kemampuan dunia kreatif kita tidak di ragukan lagi, tinggal sekarang kemauan lah yang akan menghadirkan karya-karya cemerlang yang kelak akan di serap pasar lokal maupun manca negara.


Baca juga :