Sunday, August 21, 2016

Kain Goni Dan Karung Goni

Kain Goni


Kain goni dan karung goni samakah?? Sebetulnya itu dua sebutan untuk satu barang yang sama. Ini mungkin karena perkembangan sekarang karung goni menjadi lebih tipis dari yang terdahulu yang sering kita dapati sebagai karung beras yang memang lebih tebal. Jadi karena lebih tipis itulah kadang kita menyebutnya sebagai kain goni.

Tapi pada prinsipnya kain goni sekarang ini sudah sangat beragam sekali penggunaannya tidak seperti jaman baheula yang kalau kita menyebut karung goni pasti pikiran kita tertuju kepada bentuk kemasan untuk hasil-hasil pertanian ataupun perkebunan. Dan walau sekarang fungsinya masih seperti itu, namun di tangan beberapa orang bahan karung goni yang sama bisa di sulap menjadi bentuk lain yang 'melenceng' dari kebiasaan.

Potensi kain goni atau karung goni sekarang ini sangat besar untuk di kembangkan menjadi produk-produk lain dan menjanjikan keuntungan yang lumayan. Sebut saja dalam bidang interior. di Bali ada sebuah Resort yang membangun beberapa vila yang di dalamnya menggunakan goni sebagai bahan dekorasinya. Tujuannya tiada lain supaya tampilan yang natural akan menjadi nuansa utama dari seluruh designya.

Belum lagi dalam bidang fashion bag, beberapa produk sudah tembus ke luar negeri terutama ke Eropa dengan model yang bagus di variasikan dengan bahan-bahan lain serta kemampuan mendesign yang berkualitas sehingga produk tas goni ini dengan mudah menembus ke benua Eropa sana.

Akan terus berkembang produk-produk kain goni ini, terutama di dorong oleh kemampuan anak-anak mudah yang imajinasinya terus berkembang seiring dengan tersedianya bahan-bahan pembanding di internet, membuat kreasi-kreasi baru dengan bentuk yang selama ini tidak terpikirkan menjadi nyata dan siap bersaing dalam pangsa pasar yang sangat luas ini.

Apalagi jika pengembangan untuk produk-produk berbahan dasar kain goni ini di bentuk satu team yang solid, mulai dari pengembangan bentuk design, kombinasikan dengan material lain, lalu ada team produksi yang kelas atas serta tidak kalah pentingnya team marketing yang bisa merambah ke seluruh dunia, niscaya bisnis seperti ini akan mendatangkan keuntungan yang luar biasa bagi para penggiatnya. Semoga saja tulisan pendek ini bisa menginspirasi banyak kalangan dan mulai memikirkan tindakan konkretnya untuk di aplikasikan segera.



Baca juga :